Panduan Penggunaan

Barangkali ada sebagian mitra yang kebingungan menggunakan aplikasi kasiran ini, maka saya buat panduan penggunaan ini agar para mitra sekalian dapat mengetahui tata cara dalam mempergunakannya dengan sebaik mungkin. Secara garis besar caranya adalah sebagai berikut:
Setidaknya terdiri dari 3 jenis akun mitra pada aplikasi kasiran ini, yaitu;
Akun Manager
Akun ini mempunyai semua akses seperti menambahkan pegawai, input kategori & barang, menjadi kasir dan melihat laporan penjualan dan labanya.

Akun Admin
Akun ini hanya bertugas untuk menginput kategori & barang, serta mengupdate stok dan menghapus data - data tersebut jika tidak diperlukan.

Akun Kasir
Akun ini hanya bertugas untuk melayani pembeli dalam menjalankan proses transaksi penjualan barang dagangan dan pembayarannya.

Pertama - tama anda mendaftar dulu dengan mengisi formulir pendaftaran yang telah disediakan. Setelah mendaftar, anda akan menuju ke halaman Wizard (lihat pada gambar 1.1), disana anda diberi opsi pilihan, yaitu jika anda ingin bergabung pada toko yang sudah ada, maka anda tinggal masukkan kode referal toko terkait, namun jika ingin membuat toko baru, anda tinggal mengisikan profil singkat toko anda. Jika anda membuat toko baru, maka posisi akun anda adalah manager, jika di toko anda memiliki pegawai, maka anda dapat memasukkan para pegawai anda seperti pada bagian Manager, Admin dan Kasir dengan memberikan mereka kode referal toko anda.
Gambar 1.1 Tampilan halaman Wizard.

Untuk memulai kegiatan, anda pergi ke halaman Daftar Kategori, tambahkanlah semua kategori barang yang anda butuhkan untuk mengkategorikan beraneka ragam jenis - jenis barang dagangan anda. Setelah itu anda pergi ke halaman Daftar Barang (lihat pada gambar 1.2), tambahkanlah semua barang - barang dagangan anda dari nama barang, harga pokok, harga jual, stok, gambarnya dan lain - lain, sesuai dengan kategori barang yang telah anda buat sebelumnya.
Gambar 1.2 Tampilan halaman Daftar Barang.

Jika semua barang sudah anda tambahkan lalu ada pembeli datang, maka di halaman Beranda (lihat pada gambar 1.3) anda tinggal klik nama atau gambar barang dan jumlah yang dibelinya, lalu masukkan uang yang dibayarnya dan cetaklah struknya. Untuk struknya terserah anda, mau tidak dicetakpun tidak apa - apa, karena yang terpenting dari aplikasi kasiran ini adalah untuk memanajemen pengelolaan penjualan dan laba toko anda per periode. Oh ya, jika toko anda dipungut pajak pembelian, maka anda tinggal pergi ke halaman Profil Usaha, lalu masukkan persentase dari pungutan pajaknya.
Gambar 1.3 Tampilan halaman Beranda.

Jika diizinkan, pembeli boleh berhutang kepada anda. Jadi ketika pembeli membeli barang lalu menyerahkan uang pembayaran, jika uang pembayarannya kurang, maka otomatis kekurangan bayarnya itu akan ditulis oleh sistem sebagai hutang pada halaman Tagihan Hutang (lihat pada gambar 1.4), sehingga dapat anda ketahui dan tagih hutangnya kapanpun.
Gambar 1.4 Tampilan halaman Tagihan Hutang.

Jika suatu saat setelah membeli ternyata ada barang yang harus dikembalikan, maka anda tinggal mereturnya. Untuk cara retur, anda pergi ke halaman Daftar Order, lalu ketikkan no order pembelian terkait dan klik kirim, atau bisa juga di tabel daftar order anda temukan nomor order terkait, lalu di kolom aksi anda klik ikon folder, anda akan masuk ke halaman Rincian Daftar Order (lihat pada gambar 1.5), lalu tinggal retur barang apa saja yang mau dikembalikan dan cetak struknya jika diperlukan.
Gambar 1.5 Tampilan halaman Rincian Daftar Order.

Setelah semua kegiatan penjualan selesai, maka anda dapat melihat semua hasil penjualannya, anda tinggal pergi ke halaman Laporan Penjualan (lihat pada gambar 1.6) lalu pilih bentuk laporannya, apakah mau ditampilkan langsung dari aplikasi atau di eksport dalam bentuk file PDF maupun Excel. Jika sudah ditentukan, anda tinggal pilih periode tanggalnya.
Gambar 1.6 Tampilan halaman Laporan Penjualan.

Cukup sekian penjelasan dari kami, semoga dapat dipahami. Jika ada yang perlu ditanyakan, maka silahkan Kontak Kami.